Kontrak kerja Hans Dokkum

contract aneta

Kontra kerja penunjukkan Dokkum sebagai sekretaris Berretty.

Hans Dokkum (lihat Jalan-jalan di Passer Baroe) lahir di Amsterdam, 21 September 1905.  Dokkum sangat akrab dengan ayahnya, komposer musik Cees Dokkum (1876-1971). Sejak kedatangannya di Hindia Belanda pada akhir tahun 1928, keduanya saling berkabar melalui surat.  Dalam periode 1928-1938, Hans mengirimkan lebih dari 140 surat kepada ayahnya. Surat-surat ini masih disimpan dengan baik oleh keluarganya.

Hans bekerja pertama kali sebagai pengawas pabrik di Palembang. Sayang, dia tak kerasan di sana. Sahabatnya, Ab Ruys, kemudian membantunya pindah ke Batavia dan bekerja di Frese en Hogeweg.  Oleh firma akuntan itu, dia ditugaskan untuk mengaudit keuangan kantor berita Aneta. Di sini lah dia bertemu dengan pemilik Aneta, raja media D.W. Berretty.

Tugasnya di Aneta dianggap sangat baik.  Berretty yang terkesan lalu menawarkannya posisi sebagai sekretaris. Pada tahun 1931, keduanya meneken selembar kontrak kerja tentang penunjukkan Dokkum sebagai sekretaris Berretty. Bunyinya kira-kira begini:

KONTRAK KERJA
(Tanpa Segel)

Aneta di Batavia yang diwakili Direktur Aneta, Tuan D.W. Berretty, selanjutnya disebut “Aneta”, dan Tuan J.J. Dokkum, selanjutnya disebut “Dokkum”, sepakat dengan perjanjian berikut:

Artikel 1

Aneta menetapkan Dokkum sebagai Sekretaris Direktur Aneta mulai 15 November 1931 hingga lima tahun berikutnya dengan gaji sebesar 750 gulden.

Setiap akhir tahun Dokkum juga akan menerima bonus sebesar 1.000 gulden.

Dokkum diberi hak cuti besar selama enam bulan setiap empat tahun sekali. Cuti besar pertama diberian akhir tahun 1934, dimana selama cuti tersebut Dokkum akan menanggung sendiri biaya pulang-pergi, namun tetap mendapatkan gaji dan bonus secara penuh.

Artikel 2

Dokkum dengan ini menerima kondisi tersebut di atas selama fungsi di atas sama sebagaimana dimaksud dalam Artikel 1.

Dokkum akan mendapatkan fasilitas yang digunakan untuk kepentingan Aneta dan akan bertindak sesuai instruksi dari manajemen Aneta.

Dibuat di Batavia, Oktober 1931
Berretty

Saat Berretty tewas dalam kecelakaan pesawat pada tahun 1934, Hans dan rekannya H.P.Salomons mengambil alih Aneta. Tapi setahun kemudian, pemerintah kolonial mengambil kendali atas Aneta. Sejak itulah karir Dokkum di Aneta berakhir.

Kekecewaan lalu membawanya kembali ke Belanda. Di sana, dia berusaha mencari pekerjaan baru dan hampir saja diterima sebagai staf media di Philips.  Kesempatan itu tak diambilnya karena dia sudah berjanji kepada H.C. Zentgraaff, direktur koran Java Bode, untuk kembali ke Hindia dan membantunya. Bulan Oktober 1937, dia pun kembali ke Jawa.  Sayang, enam bulan kemudian dia terkena pneumonia.  Pada tanggal 16 Juli 1938,  Dokkum wafat pada usia 32 tahun.  Jenazahnya dimakamkan di Batavia.

(Sumber:  Hans Dokkum)

Iklan

The URI to TrackBack this entry is: https://tempodoeloe.com/2011/08/22/kontrak-kerja-hans-dokkum/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: