Adegan Mandi di Belakang Hotel Bellevue

Pemandangan Hotel Bellevue Buitenzorg

Pemandangan dari belakang Hotel Bellevue di Buitenzorg (Foto Tropenmuseum of the Royal Tropical Institute (KIT))

Bogor tempo doeloe memang menyimpan fakta yang begitu menarik. Kota yang dinamai Buitenzorg oleh orang Belanda itu tak cuma memiliki Kebun Raya, tapi juga menjadi kediaman sang gubernur jenderal. Letaknya yang dinaungi Gunung Salak membuat kota itu berhawa sejuk dan seringkali disiram hujan. Maka wajar jika Buitenzorg pun menjadi tempat favorit untuk berakhir pekan bagi orang-orang Belanda yang tinggal di Batavia yang panas.

Di seberang sisi barat Kebun Raya terdapat Hotel Bellevue yang sangat terkenal pada waktu itu. Yang membuatnya populer adalah pemandangan alam di belakangnya yang tidak hanya menampilkan keanggunan Gunung Salak, tapi juga kehidupan masyarakat di sekitarnya.

Dalam buku “Where the Strange Trails Go Down” (1921) , penulis Amerika E. Alexander Powell menceritakan pengalamannya saat mengunjungi sejumlah tempat di Asia, termasuk Jawa. Di Buitenzorg, dia kagum dengan pemandangan yang dilihatnya dari balkon kamar Hotel Belleveue seperti yang dikisahkannya berikut ini:

Ketika Anda tiba di Hotel Bellevue, Buitenzorg, pastikan untuk memesan sebuah “kamar gunung”. Pemandangan dari balkonnya hanya bisa disaingi oleh beberapa tempat lain di dunia. Di kejauhan, Gunung Salak berdiri dengan anggunnya dengan puncak yang diselimuti awan dan lereng yang dihijaui pepohonan. Dari kakinya tampak sebentuk pita coklat yang mengalir menembus kerimbunan, itulah Sungai Tjidani (Cisadane). Tepiannya yang ditumbuhi pohon-pohon kelapa, dipenuhi rumah penduduk yang kuno dan beratap jerami. Ratusan orang — laki-laki, perempuan dan anak-anak — tampak sedang mandi di sana.

Salah satu pemandangan menarik dan mengherankan di Jawa adalah perempuan-perempuan setempat yang mandi di sungai. Mereka masuk ke dalam air dengan memakai kain sarung. Sambil merendam tubuh ke air, sedikit demi sedikit kain itu mereka angkat. Sarung kemudian dilepaskan melalui kepala saat air sudah mencapai ketiak mereka. Ketika selesai mandi, mereka memakai sarung kembali dengan cara sebaliknya.  Hawkinson merekam adegan itu dengan ratusan meter film. Tapi Badan Sensor Pennsylvania tak mampu menemukan sedikit pun hal yang tabu dalam adegan mandi itu.

*/as

Baca juga:

Iklan

The URI to TrackBack this entry is: https://tempodoeloe.com/2012/04/11/adegan-mandi-di-belakang-hotel-bellevue/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: